Monday, April 19, 2010

Tokoh dalam Hidup

Keluarga, Sahabat, Kekasih, dan Teman.
Tak bisa kupungkiri kalau dalam hidup ini semua telah ada dan hidup berdampingan.
Merajut jalan kehidupan yang panjang dan penuh misteri ini sedikit demi sedikit., melangkah dengan satu tahap demi tahap dan memberi kesan yang beragam dalam tiap jejak langkahnya.
Aku mungkin bukan seorang yang mengerti seberapa dalamnya rasa sayang seorang terhadap yang lainnya., aku mungkin bukan orang yang mengerti mengapa bumi diciptakan bulat seperti yang telah diakui saat ini. Tapi mungkin aku adalah orang yang mengerti mengapa terkadang keadaan dirasa bersalah., mengapa keadaan bertolak dari yang kita inginkan., mengapa keadaan tak mengijinkan ketika persabatan itu tetap berjalan.
Keadaan akan terus berjalan dan kita hanya bagaikan tokoh-tokoh pemainnya saja., sekarang bagaimana kita membuat jalan cerita ini menarik dan berkesan di hati penonton.
Kalau kita terus berlakon yang sama disetiap scene maka jalan ceritanya pun akan terasa membosankan., akan tetapi jika kita berlaku berbeda dari sebelumnya maka ceritanya pun akan terasa menarik. Dan apabila kita berlaku di luar dari pikiran dan dugaan penonton maka bisa saja jalan ceritanya akan disukai lebih banyak penikmat kehidupan ini.
Seorang tokoh tak dapat bermain sendiri., seorang tokoh tak dapat membuat cerita kehidupan ini menjadi menarik., dan seorang tokoh tak dapat menciptakan manis dan pahitnya suatu adegan.., maka dari itu seorang tokoh memerlukan peran tokoh yang lain.
Andai saja jalan kehidupan ini seperti adegan syuting sebuah film maka kita dapat membuatnya sesuka hati kita., akan tetapi sayangnya keadaan tidak memberikan mesin waktu yang dapat kita putar sesuka pemiliknya. Setiap saat pasti akan berlalu begitu saja., tanpa kita dapat perkirakan apapun dapat terjadi dalam hidup ini., entah itu suatu suka atau duka.
Sekarang bagaimana kita menikmati yang terjadi ini adalah yang paling penting dalam membuat hidup ini terasa hidup.
Mungkin seperti kata seorang teman yang berkata "let the past be past" ..
Meskipun terkadang kita tak rela untuk melepaskannya dan memiarkan berlalu begitu saja., akan tetapi biarlkah itu berlalu dan mari jadikan suatu hal yang dapat kita kenang sampaiu kapanpun juga ., karena kenangan akan selalu ada baik itu pahit maupun manis.
Dalam hidup ini teruslah menatap kedepan dan jadikanlah bayangan sebagai pelajaran.
Karena jika kita terus meratapi masa lalu maka kita tak akan menjadi dewasa dan akan terus terpuruk dalam keadaan ini.
Jikalau dalam sebuah film yang menentukan alur jalan cerita adalah sang penulis akan tetapi dalam hidup ini yang menentukan adalah diri kita sendiri. Jika kita ingin hari ini bahagia maka tersenyumlah dan singkirkanlah rasa suram dalam hati dan pikranmu.
Akan tetapi jika kita ingin hari ini kita bersedih ., maka menangislah dan buat hari ini penuh dengan ratapan.
Sebuah drama yang meraih penghargaan adalah drama yang menampilkan jalan cerita yang spektakuler., yang alurnya dapat menaikkan dan menurunkan emosi penontonya.
Mungkin aku bukanlah seorang tokoh pemain kehidupan yang terlatih akan tetapi aku berusaha membuat alur ini menarik sehingga kalian dapat menikmatinya.
Keadaan yang terkadang tak berpihak padaku mungkin karena telah direncanakan oleh tokoh lainnya. Jadi maafkan aku sang penonton apabila aku tak membuat adegan ini menarik.
Saat-saat nya akan tiba bila keadaan telah kembali berpihak padaku., maka aku akan membuat jalan cerita ini kembali menarik. Akan tetapi jangan salahkan aku apabila keadaannya tak seperti dulu., karena sang keadaan pastinya telah berubah tanpa aku bisa pahami.
Sekarang yang dapat tokoh ini lakukan adalah terus merajut mimpi-mimpi dengan melangkahkan kaki ini dengan mantap.
Dan tokoh lainnya lakukanlah yang terbaik., janganlah terus dirundung dalam probema masing-masing., karena kita hidup tak sendirian maka jalanilah bersama.

No comments:

Post a Comment

Web Page Counter
Marked down products